Low Dukung Heynckes Kembali Melatih Bayern Munich

Nama Jupp Heynckes memang tak asing lagi jika disandingkan dengan Bayern Munich. Pria berusia 72 tahun yang telah memutuskan pensiun sejak empat tahun lalu itu adalah mantan pelatih Bayern Munich selama tiga musim.

 

Sejak 2011 hingga 2013, Bayern berhasil meraih banyak prestasi berkat tangan dingin Heynckes. Heynckes sebagai pelatih Bayern Munich yang paling fenomenal sebab berhasil membawa Die Roten meraih treble winner pada tahun 2013 yaitu gelar Bundesliga, Liga Champions dan Piala Super Eropa.

 

Setelah kepergian sang pelatih, Bayern diasuh oleh Pep Guardiola yang gagal mempertahankan pretasi. Guardiola pun harus rela digantikan Carlo Anceloti pada musim 2016/2017 yang lalu. Namun, Ancelotti pun hanya bertahan satu musim sebab akhir September lalu, tim manajemen Bayern resmi memecat pelatih asal Italia tersebut. Penyebab kekalahan telak Bayern kontra PSG dituding menjadi penyebab utama sang mantan pelatih AC Milan itu diusir dari Allianz Arena.

 

Berita mengenai Jupp Heynckes bakal kembali melatih Die Roten tampaknya ditanggapi oleh pelatih timnas Jerman dengan bahagia. Joachim Low mengaku mendukung langkah tim manajemen Die Roten meminta sang eks pelatih kembali ke markas besar mereka. Menurut Low, Heynckes sebagai pelatih Bayern yang diharapkan mampu membangkitkan kembali masa kejayaan Bayern Munich baik di Liga domestic atau internasional.

 

Heynckes adalah sosok pelatih tepat yang akan memimpin Thomas Muller dan kawan-kawan kembali berambisi meraih trofi Liga Champions setelah musim kemarin hanya berada di posisi 8 besar. Low pun beranggapan jika Heynckes sebagai pelatih Bayern yang baru akan mampu membawa Die Roten bangkit dari keterpurukan. Mengingat salah satu penyebab lain Ancelotti dipecat adalah kegagalan Bayern menaklukkan laga awal Bundesliga.

 

Beberapa kali sang raksasa Bavaria harus menahan imbang klub lain seperti Wolsfburg dan Hertha Berlin bahkan harus menelan kekalahan saat melawan anak asuh Julian Nagelsman. Tentu hasil buruk tersebut membuat manajemen Bayern memutuskan untuk melakukan kesepakatan dengan eks pelatih mereka yang telah pensiun.

 

Rasanya dukungan Low kepada Jupp Heynckes tidak sia-sia setelah sang pelatih gaya kuno menyanggupi permintaan Bayern. Heynckes sebagai pelatih Bayern Munich hingga akhir musim 2018 nanti. Tampaknya Heynckes sendiri mencintai klub yang telah memberinya akhir kepelatihan yang indah sehingga mau menerima kembali pinangan Bayern.

 

Bayern sendiri berada di grup B Liga Champions bersama dengan PSG, Anderlecht dan Celtic. Setidaknya Bayern harus berada di posisi dua teratas jika ingin mengembalikan kesuksesan mereka seperti pada tahun 2012/2013 yang lalu.

 

Ya, kita tunggu saja apakah Heynckes sebagai pelatih Bayern yang terkenal dengan sebutan gaya kuno tersebut mampu mengembalikan kedigdayaan Die Roten kembali. Apalagi PSG bukan lawan yang remeh dengan adanya para striker hebat seperti Neymar Jr dan Kylian Mbappe.